Home » » Program Aplikasi Automasi Perpustakaan Senayan

Program Aplikasi Automasi Perpustakaan Senayan

Written By onfisika on Sunday, February 10, 2013 | 6:21 AM

Senayan adalah software automasi perpustakaan yang dibuat oleh Hendro Wicaksono (hendro.wicaksono@diknas.go.id) dan Arie Nugraha (arie@senayan.diknas.go.id). Alasan pembuatan software ini adalah kemampuanya untuk dapat di modifikasi dan dikembangkan lewat komunitas dengan begitu jika ada bug dapat di share dan di pecahkan bersama-sama komunitas,.Menurut Hendro dalam louncing Senayan di Pusat Kebudayaan Koesnadi Harjasoemantri kampus UGM Yogyakarta pada tanggal 8 Desember 2007, software senayan mempunyai struktur database base sql yang memiliki susunan lebih sempurna dari aplikasi lain seperti openbiblio.
Untuk kesempurnaan setiap ada laporan bug aplikasi ini selalu di update untuk mengupdate tinggal mengcopy script kemudian di paste di htdoc folder senayan.
A. INSTALASI
  1. Instal Xampp, yang di dalamnya terdapat paket apache, mysql sehingga kita tidak perlu untuk menginstall secara terpisah apache dan mysql. Jika belum mempunyai anda dapat mendownloadnya di:
http://sourceforge.net/project/downloading.php?groupname=xampp&filename=xamp
  1. Ekstrak senayan dan di rename dengan nama senayan di program file/xampp/htdoct (yang berfungsi sebagai server). Jika anda belum punya, dapat anda download di http://senayan.diknas.go.id cari update terbaru.
  2. Setting sysconfig.inc, di program file/xampp/htdoct/senayan. Klik kanan sysconfig.inc kemudian openwith notepad atau
.clip_image002
  1. Buat database mysql. Klik xampp di program file kemudian pilih mysql klik data, buat new folder dengan nama senayan_demo ( folder ini di maksudkan untuk menyimpan segala data yang ada di senayan)
  2. Dumping sql, dumping sql menggunakan browser ( internet exploler atau mozila). Buka browser internet exploler atau mozila kemudian ketikan di url bar http://localhost/phpmyadmin, kemudian pilih database yang telah di buat tadi yaitu senayan_demo kemudian klik tombol browse cari senayan.sql di folder senayan yang terletak di htdoc setelah itu klik tombol go.
clip_image003
  1. Membuka aplikasi senayan, tulis di url bar browser anda http://localhost/senayan kemudian jika berhasil akan muncul tampilan seperti ini.
7. clip_image004
  1. untuk login. Username: admin, password: admin
clip_image005
B. BERBAGAI FASILITAS PADA PROGRAM PERPUSTAKAAN SENAYAN
Banyak sekali fasilitas modul yang disajikan pada program senayan ini, diantaranya : Bibliography, Membership, Sirkulasi, Master File, System, Pelaporan. Dibawah ini contoh tampilan program perpustakaan SMA Negeri 3 Purworejo pada halaman administratornya :
clip_image007
1. MODUL BIBLIOGRAPHY
Modul ini berisi menu Add New Bibliography (membuat data bibliography_/katalogbaru), Bibliographic List (melihat daftar bibliogra_), Item List (melihat daftar item/kopi koleksi), Chekout Items (melihat daftar item yang sedang dipinjam). Selain itu, pada modul ini juga dilengkapi dengan Labels Printing (mencetak label), Item Barcodes Printing (mencetak item barcode) serta fasilitas Import dan Eksport Data. Untuk melihat daftar bibliogra_ dilakukan dengan klik pada navigasi Bibliography List, demikian pula jika kita ingin melihat daftar item klik pada Item List, melihat Item yang sedang dipinjam klik pada menu Checkout Items.
clip_image009
2. MODUL KEANGGOTAAN
Fasilitas untuk menambahkan data anggota baru ke dalam sistem Senayan. Data anggota yang dimasukkan adalah: Member ID (ID Anggota -barcode/RFID), Member Name (Nama Lengkap Anggota), Register Date (tanggal mendatar), Expiry Date (tanggal kadaluarsa), Institution (nama institusi, nama kantor atau nama organisasi), Membership Type (Tipe Keanggotaan), Gender (Jenis Kelamin), E-mail, Address (Alamat rumah atau kantor), Postal Code (Kode Pos),Phone Number (Nomor Telepon), Fax Number (Nomor Fax), Personal ID Number (Nomor ID Personal seperti no. KTP), Notes (Catatan singkat), dan Upload Photo (File foto anggota). Dalam Expiry date terdapat Auto Set, maksud dari fasilitas ini, jika auto set di check maka tanggal expired anggota akan dihitung berdasar Membership Type. Namun jika di uncheck, maka Expiry date dapat ditentukan secara manual, dengan memilih tanggal Expirednya.
clip_image011
3. MODUL SIRKULASI
Modul ini dipakai untuk proses sirkulasi. Untuk melakukan transaksi melalui Member ID (ID anggota). Setelah Member ID dimasukkan, maka akan muncul informasi anggota, yaitu: Member Name (nama anggota), Member E-Mail (email anggota), Register Date (tanggalmendaftar), Member ID (ID anggota), Member Type (jenis keanggotaan), Expire Date (tanggal akhir keanggotaan) dan foto anggota. Dibawahnya terdapat tab Loans (untuk melakukan transaksi peminjaman), Current Loans (daftar peminjaman terkini), Reserve (untuk kebutuhan pemesanan literatur), Fines (denda), Loan History (sejarah peminjaman yang dilakukan oleh anggota). Dalam Current Loans juga terdapat fasilitas untuk mengembalikan (Return)dan memperpanjang (Extend) peminjaman.
clip_image013
4. MODUL PELAPORAN
Reporting Modul ini berisi informasi laporan kegiatan perpustakaan seperti : jumlah koleksi, jumlah peminjam yang aktif, buku-buku yang popular dipinjam dll
clip_image015
5. OPAC
Bagian ini adalah untuk pengguna perpustakaan. Pengguna dapat mencari buku melalui fasilitas search secara sederhana maupun advance.
clip_image017
clip_image018Untuk petunjuk manual secara lengkap dapat didownload melalui http://www.senayandiknas.go.id
Comments
0 Comments

0 comments :

Post a Comment